Langsung ke konten utama

Komponen Utama E-Commerce

SHOPEE
Shopee (bahasaTionghoa蝦皮購物) adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke MalaysiaThailandTaiwanIndonesiaVietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia.
Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada.
Adapun komponen e-commerce pada aplikasi Shopee:
1. Access and Controlling
Access and controlling adalah proses dimana user diberikan akses dan hak untuk melihat sistem, sumber atau informasi. untuk keamanan komputer, akses kontrol meliputi otorisasi, autentikasi dan audit dari suatu kesatuan untuk memperoleh akses. User (manusia) adalah subjek yang mencoba untuk mendapatkan akses dari objek (software). Dalam sistem komputer, daftar akses kontrol berisi perizinan dan data keamanan user yang telah diberi izin oleh user. Data yang telah memiliki izin hanya dapat dilihat oleh beberapa orang dan ini tentunya sudah dikontrol oleh access control.
2. Profiling and Personality
Profiling and personality merupakan alat manajemen pengetahuan yang digunakan untuk  memberikan keamanan, nilai-nilai dan kecakapan hidup dalam upaya untuk memaksimalkan kinerja dan kontribusi pekerjaannya terhadap perusahaan.
  • Personality account
  • Shopee account

3. Research Management
Research management atau manajemen pencarian digunakan dalam proses pencarian suatu produk yang akan dibeli oleh konsumen. Konsumen melakukan pencarian menurut harga produk yang diinginkan.
      
 
4. Content Management
Content management atau manajemen isi digunakan agar bisa mengembangkan, menghasilkan,  memperbaharui dan mendapatkan informasi yang diinginkan oleh konsumen.
5. Catalog Management
Catalog management atau manajemen katalog merupakan sebuah media informasi yang berisi tentang daftar koleksi produk suatu perusahaan yang disusun secara sistematis sehingga mempermudah konsumen untuk mengetahui produk yang akan digunakan.

6. Payment
Payment adalah ketentuan pembayaran yang dibuat oleh supplier/vendor kepada pelanggan atau bisa juga dikatakan term of payment adalah ketentuan cara pembayaran yang dibuat oleh penjual kepada pembelinya.
7. Workflow Management
Workflow management merupakan arus kerja atau semua kegiatan yang dilakukan dalam e-commerce.
8. Notification
Notification merupakan pemberitahuan dari penjual tentang berbagai informasi untuk pelanggan. pemberitahuan ini bisa berupa daftar pembelajaan yang akan dipesan, metode pembayaran yang akan digunakan, metode pengiriman produk dan informasi pengiriman produk pelanggan.

 
9. Collaboration and Trading
Collaboration and trading merupakan kerja sama yang dibangun oleh perusahaan penjual dengan perusahaan lainnya.


By Andi6un.com










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Rantai Nilai (Value Chain Analysis)

VALUE CHAIN PT. LION MENTARI AIRLINES Konsep analisis Value Chain dikemukakan oleh Michael Porter pada tahun 1985 dalam bukunya yang terkenal, Competitive Advantage : Creating and Sustaining Superior Performance, yang mengatakan bahwa: setiap firma adalah serangkaian dari aktivitas yang dilakukan untuk mendesain, memproduksi, memasarkan, mengirimkan dan mendukung produk-produknya atau layanan-layanannya. Semua aktivitas ini dapat dipresentasikan menggunakan suatu rantai nilai (Value Chain). Value Chain hanya dapat dipahami dalam konteks unit bisnis. PT. Lion Mentari Airlines  beroperasi sebagai  Lion Air  adalah sebuah maskapai penerbangan berbiaya murah yang berpangkalan pusat di Jakarta, Indonesia. Lion Air sendiri ada lah maskapai swasta terbesar di Indonesia. Dengan jaringan rute di Indonesia, Filiphina, Malaysia, Thailand, Australia, India, Arab Saudi, dan Jepang serta rute charter menuju Cina Hong Kong, Korea Selatan, da Makau. Lion Air menjadikan dirinya sebagai pem

Jenis-Jenis E-Commerce dan Pembayaran

E-Commerce terdiri atas beberapa jenis, yaitu sebagai berikut : 1.        Collaborative Commerce (C-Commerce) Kerjasama secara elektronik antara rekan bisnis. Kerja sama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yang berada pada jalur penyediaan barang (supply Chain). 2.        Business-to-Consumers (B2C) Penjual adalah suatu organisasi dan pembeli adalah individu. 3.        Consumer-to-Business (C2B) Pada jenis ini, konsumen memberitahukan barang atau layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen. 4.        Consumer-to-consumer Penjualan barang atau layanan antara individu. 5.        Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce Pada jenis ini, organisasi menggunakan E-Commerce untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya. Hal ini dikenal juga dengan sebutan Businessto- Employee (B2E). 6.        Government-to-Citizens (G2C) and to others Pemerintah menyediakan laya